3 jenis tanaman yang bisa di manfaatkan sebagai obat herbal

Salah satu metode penyembuhan penyakit adalah dengan menggunakan beberapa tanaman yang selanjutnya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis tanaman, dan ada 3 jenis tanaman yang di manfaatkan sebagai obat herbal yang tersebar di berbagai daerah. Masing-masing daerah mempunyai resep tersendiri dalam mengolah tanaman herbal menjadi obat.

Dibawah ini ada beberapa 3 jenis tanaman yang bisa di manfaatkan sebagai obat herbal:

1. Tempuyung

jenis tanaman yang bisa di manfaatkan sebagai obat herbalTempuyung berasal dari daratan Eurasia, tepatnya pada daerah yang sering hujan dengan ketinggian 50-1.650 meter di atas permukaan laut.

Ada dua jenis tempuyung, tempuyung yang berdaun kecil disebut lempung, sedangkan yang berdaun besar dan tingginya mencapai 2 meter disebut rayana. Meskipun rasanya pahit, daun dan batang muda dari tempuyung bisa dimakan sebagai lalap.

Tempuyung berkhasiat untuk mengatasi batu saluran kencing, batu empedu, bisul, luka bakar, radang usus buntu, rematik, radang payudara, memar, disentri, darah tinggi, wasir, dan beser.

2. Antanan atau Pegagan

jenis tanaman yang bisa di manfaatkan sebagai obat herbalPegagan atau yang lebih dikenal dengan nama daun kaki kuda dan Antanan dapat tumbuh liar di perkebunan, pematang sawah, ladang dan halaman rumah. Masyarakat Jawa Barat biasa memanfaatkan tanaman ini untuk lalapan.

Pegagan atau antanan mengandung beberapa senyawa seperti isothankuniside, thankuniside, asiaticoside, madasiatic acid, brahminoside, brahmic acid, brahmoside, madecassoside, vellarine, hydrocotylin, carotenoids, centelloside, meso-inositol, serta garam-garam mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium dan besi.

Manfaat daun pegagan bisa digunakan untuk obat kulit (koloid), memperbaiki peredaran darah dan gangguan saraf. Berdasarkan penelitian di RSU Dr. Soetomo, daun pegagan bisa dipakai untuk menurunkan tekanan darah, dan penurunannya tidak terlalu drastis, sehingga cocok untuk penderita yang berusia sudah lanjut.

3. Ciplukan atau Cecenet

jenis tanaman yang bisa di manfaatkan sebagai obat herbalCiplukan atau dengan nama botanikalnya adalah physallis peruviana.L, dan masuk dalam satu keluarga tanaman Solanaceae termasuk terong. Ciplukan banyak memiliki nama berbeda tiap daerah, yaitu keceplokan, ciciplukan, kopok-kopokan (Bali), cecendet, cecenet (Sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan lapunonat (Tanimbar, Seram).

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak semusim, dan tergolong sebagai tanaman liar. Ciplukan biasanya tumbuh begitu saja diwilayah tanah-tanah kosong yang bertanah lembab namun tidak becek. Kalau anda mencari tanaman ciplukan, datanglah ke pinggir-pinggir lapangan, pinggir sungai, kebun, tanah kosong hingga sawah yang sedang ditanami kacang tanah atau kedelai. Ketinggian tanah yang baik untuk ciplukan tumbuh adalah sekitar 0-1.800 meter di atas permukaan laut.

Ciplukan merupakan tanaman yang ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari buah, daun hingga akar tanaman ciplukan ternyata dapat dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti : bisul, sembelit, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan pencernaan, kandung kemih, hepatitis, asam urat, asma, ginjal dan kencing manis atau diabetes.

Baca juga : 3 tanaman yang bisa di jadikan obat infeksi saluran kencing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *